Home
/
Automotive

Hai, Kenalin Nih Tasia, Chatbot untuk Beli Mobil

Hai, Kenalin Nih Tasia, Chatbot untuk Beli Mobil
Bagja Pratama15 February 2019
Bagikan :

Foto: Auto2000

Uzone.id - Chatbot, sebenarnya udah sering dignakan akhir-akhir ini, tapi untuk konteks otomotif, yakni seputaran pembelian mobil, baru Auto2000 yang menggunakannya.

Setidaknya itulah klaim Auto2000 saat memperkenalkan Tasia, chatbot yang aktif 24 jam sebagai asisten digital untuk pelanggan Toyota.

Tasia merupakan produk layanan digital berikutnya dari Auto2000 yang mengemban amanat untuk memberikan kemudahan pada pelanggan dalam mengakses dan menikmati segala bentuk layanan yang disajikan. 

Tonton video review mobil konsernya Blackpink terbaru disini:

“Bisa dikatakan Tasia merupakan chatbot otomotif pertama di Indonesia untuk mempermudah pelanggan berinteraksi dengan tanpa batasan ruang dan waktu,” jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000.

Sebagai informasi, chatbot adalah layanan digital yang memiliki kemampuan percakapan natural di dalam aplikasi pesan singkat atas bantuan artificial intelligent (AI). 

Kehadiran chatbot Tasia terkait dengan beberapa kecakapan penting, seperti fast response sehingga chatbot dapat dengan cepat membalas pesan dari pelanggan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan. 

Chatbot juga dapat diakses 24 jam penuh karena tidak membutuhkan operator untuk menjalankan. Dan yang paling menarik, adanya  AI membuat chatbot seperti Tasia memiliki gaya bahasa yang luwes dan tidak kaku sehingga terasa alami dan nyaman saat berinteraksi.

Tasia yang menyapa pelanggan yang mengakses dengan sapaan ‘Auto Family’, memiliki beberapa fitur utama dan menjadi keunggulan. 

Yang pertama adalah urusan pembelian kendaraan yang meliputi info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen. 

Berikutnya adalah booking service dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan service berkala atau perbaikan kendaraan Toyota via Tasia. 

Juga ada fitur tracking status servis dan pembelian mobil, sehingga pelanggan dapat mengecek langsung proses pembelian kendaraannya atau proses servis mobilnya di bengkel. 

Terdapat pula info kredit untuk informasi persyaratan kredit dan perhitungan simulasi kredit, FAQ, informasi lokasi Auto2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis.

Menggunakan bahasa Indonesia, untuk chating dengan Tasia pelanggan hanya perlu membuka browser dan masuk ke halaman auto2000.co.id. 

Konsumen akan menemukan widget berwarna biru muda di pojok kanan bawah, kemudian hanya perlu tap/klik, dan Tasia akan menyapa pelanggan. 

Tasia juga sudah tersedia di WhatsApp 0822-8980-2000, namun untuk saat ini baru bisa membantu melakukan booking service. 

Tonton video review Toyota Avanza terbaru disini:

Tak perlu khawatir karena semua data pemilik mobil Toyota akan dijaga kerahasiaannya dan hanya akan dipergunakan untuk keperluan transaksi yang dipilih oleh konsumen.

Konsumen hanya perlu mengajak ngobrol Tasia seperti menulis “mau servis dong” atau pilih menu Booking Service yang ada di menu utama chatbox Tasia. 

Tasia akan mengajak pelanggan ‘berkenalan’ dan pelanggan bisa memberikan nama dan data diri untuk kebutuhan identifikasi servis, ikuti petunjuk yang Tasia berikan hingga pelanggan mendapatkan bukti reservasi service, dan selanjutnya akan dihubungi petugas bengkel/THS.

Atau bila calon pembeli mobil Toyota ingin melakukan simulasi kredit, mereka dapat mengajak ngobrol Tasia, ambil contoh menulis "saya mau beli (tulis model mobil Toyota yang diinginkan)", dan selanjutnya ikuti petunjuk yang Tasia berikan. 

Setelah katalog kendaraan muncul, pilih menu lainnya pada tipe kendaraan yang pelanggan mau hitung. Lanjut pilih menu Credit Simulation dan ikuti petunjuk Tasia berikutnya hingga pelanggan mendapatkan simulasi harga rujukan, jumlah uang muka atau down payment (DP), serta estimasi jumlah cicilan perbulan.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Tasia secara instan akan menjawab pertanyaan konsumen tanpa harus menunggu Tasia membaca chat atau mengetik jawaban atas pertanyaan pelanggan. 

Meski demikian, bisa saja Tasia menjawab “Mohon maaf, Tasia belum mengerti?” mengingat ‘usia’ Tasia yang masih belia dengan artificial intelligent yang perlu diperkaya berbagai informasi sehingga ke depannya bisa menjawab seluruh kebutuhan konsumen. 

Namun, mbak Tasia ini bisa menanggapi atau melayani keluhan atau komplain soal produk gak ya? 

populerRelated Article