Home
/
Automotive

Nissan Cedric, Sedan Klimis Legend Pionir Tren Mesin Turbo

Nissan Cedric, Sedan Klimis Legend Pionir Tren Mesin Turbo
Bagja Pratama22 July 2020
Bagikan :

Uzone.id - Siapa yang sangka, dibalik tampang klimisnya, sebuah Nissan Cedric ternyata sempat mencatatkan sejarah sebagai salah satu sedan yang menciptakan tren mesin turbo di Jepang.

Mari kita flashback. Pada era 1970-an, industri otomotif berhadapan dengan tantangan baru untuk memenuhi tuntutan regulasi gas buang dan efisiensi bensin.

Dalam konteks inilah Nissan menghadirkan tren mesin turbo di industri otomotif Jepang.

BACA JUGA: Israel Ternyata Dijajah SYM dan Kymco

Pada tahun 1979, Nissan meluncurkan `Cedric atau Gloria model 430,' sedan mewah pertama di Jepang yang dilengkapi mesin turbo.

Hal yang membuat langkah ini unik adalah mesin turbo yang tak hanya menghasilkan tenaga besar dari ukurannya yang kecil, tetapi mesin tersebut juga merupakan teknologi hemat bahan bakar.

Mesinnya berkapasitas 2.000cc 6 silindr turbo OHC, bertenaga 145 Hp dan torsinya 206 Nm, yang unikmya berpadu dengan transmisi otomatis hanya 3 percepatan.

Gak sia-sia, atas keberaniannya mendobrak mainstream tersebut, Nissan berhasil mendapatkan sertifikasi pemerintah di bawah regulasi yang ketat pada masanya.

Preview

Mesin turbo L20ET 2,0-liter pertama kali disematkan pada Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada bulan Desember 1979, sebagai yang pertama di pasar Jepang.

Inovasi-inovasi perdana ini membuat Cedric dan Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979.

Pada awalnya, penemuan-penemuan seperti ini terlihat mustahil hingga karyawan-karyawan Nissan berinovasi dan berhasil mewujudkannya.

Semangat untuk berinovasi hidup sampai hari ini, tercermin dari terobosan di babak baru Nissan NEXT dalam keseruan berkendara.

Spesifikasi Nissan Cedric:

Overall length / width / height: 4,690/1,690/1,410mm
Wheelbase: 2,690mm
Tread: 1,380mm (front & rear)
Curb weight: 1,485kg
Engine: L20E-T (6-cyl. in line, OHC), 1,998cc
Engine Max. power: 107kW (145PS)/5,600rpm
Engine Max. torque: 206Nm (21kgm)/3,200rpm
Transmission: 3-speed AT (w/ lockup)
Suspension (front, rear): Double wishbone, 5-link
Brakes (front, rear): Ventilated disc, disc
Tires: 185SR14 (front & rear)

Tonton juga VIDEO Test Drive Honda Accord:

populerRelated Article